Apasih yang dipelajari di jurusan geosains?

Diposting oleh Selamat datang di blog on Jumat, 09 Oktober 2015

Apakah anda pernah membuat kue lapis? Atau pudding aneka rasa? Tentu dibutuhkan kesabaran dalam pembuatannya. Pertama-tama menuang satu lapisan kemudian ditunggu hingga mengering. Setelah itu dituang lapis demi lapis sehingga membentuk susunan lapisan dari kue lapis yang utuh.




Apabila kita melihat dari gambar tersebut, terlihat tekstur yang berlapis-lapis. Namun yang berbeda dengan kue lapis adalah proses yang dibutuhkan untuk membentukan struktur tersebut adalah jutaan tahun. Mungkin jutaan tahun untuk satu lapisan. Kemudian lapisan-lapisan tersebut memiliki makna dan kandungan tersendiri.

Mahasiswa geologi dan geofisika mempelajari tentang bagaimana struktur tersebut dapat terbentuk, apa yang terkandung dibalik warna-warna yang dihasilkan, dan apa makna dari struktur tersebut terutama dalam bidang eksplorasi. Sebuah struktur bisa jadi tidak terproses di tempat ia berada sekarang melaikan ratusan kilometer dari tempatnya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi pergerakan dalam waktu yang lama. Warna yang dihasilkan juga memiliki makna. Batuan dengan warna terang cenderung bersifat asam dan sebaliknya. Struktur yang dipelajar bertujuan agar dapat diindentifikasi mineral atau objek yang terkandung di dalamnya. Objek tersebut selanjutnya dimanfaatkan dengan diolah sehingga mendapatkan nilai ekonomis.


Ruang lingkup jurusan geosains sangat luas. Laboratorium yang kami gunakan adalah alam yang tidak terhingga. Bahkan disini juga dipelajari tentang apa yang mungkin ada ratusan kilometer dibawah tempat kita sekarang berdiri. Menurut saya, dengan kita mempelajari apa yang ada pada alam ini. Kita akan menyadari seberapa kecil kita terhadap ciptaan-Nya. Kita akan lebih peduli bahwa apa yang telah disediakan di alam memang dapat kita manfaatkan namun kita juga harus menjaga dan melestarikan alam:)


Putri Allysha Sekararum
1506725426
Geofisika 2015

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar