Pendidikan Pada Era Yang Mendunia

Diposting oleh Selamat datang di blog on Senin, 05 Oktober 2015

Baik, hari ini aku akan membahas hal yang bisa jadi asing terdengar di sebagian kuping-kuping manusia. Hal ini tentang inisiatif pendidikan dalam era global, apa yang membuatnya istimewa? Hal-hal global sering dikaitkan dengan perkembangan zaman, yang kubahas kali ini adalah tentang bagaimana kita sebagai pemuda dapat berinisiatif lebih terutama dalam menghadapi era global yang semakin maju kedepan, tentunya dengan sudut pandang saya sebagai pembuat karangan.


Seiring dengan berjalannya waktu yang tak tau akan berhenti sampai kapan, manusia dalam hidupnya dituntut untuk menjadi insan yang kreatif dan mempunyai daya saing serta daya juang yang kuat di masyarakat, terlebih hal ini berkaitan dengan sifat alamiah setiap manusia yang selalu menginginkan sesuatu yang baru dalam jenjang karier hidupnya, apalagi di zaman serba canggih yang biasa kita sebut dengan era globalisasi digital. Dengan tak pernah puas dengan apa yang ia raih sekarang, kemudian membuatnya mau tak mau harus berusaha mencapai keinginannya yang lain.

Tapi akan sampai kapan semua hal ini terjadi? Sama halnya dengan sekarang, era global saat ini benar-benar bisa dirasakan oleh seluruh lapisan orang di dunia. Contohnya, mungkin jika bapak Michael Faraday dulu tak punya inisiatif untuk mencoba bereksperimen, sehingga akhirnya ia menemukan listrik, mungkin tulisan dan tugas-tugas ospek hari ini tak akan pernah ada, kita masih terperdaya mengamati lampu minyak yang menyala, menunggu sampai minyak di dalamnya habis karena tak pernah tahu apa itu listrik. Sama halnya dengan globalisasi di kawasan pendidikan terutama pendidikan di negeri kita tercinta, Indonesia. Apa jadinya jika kaum pemuda dulu tak punya inisiatif dan tak mau belajar untuk maju, sehingga bangsa ini tetap dijajah penjajah, hingga kita tak pernah tahu apa itu hari Sumpah Pemuda, hari Proklamasi dsb.

Apa yang kemudian memotivasi aku dan berkeinginan, agar lewat Kampus Perjuangan UI ini, selain sebagai awal karierku dalam kehidupan nanti, aku ingin memiliki sebuah pengalaman, merasakan rasanya bersekolah di universitas yang mana di SMA ku dulu, merupakan hal yang sulit dan sangat susah terlebih untuk anak-anak desa sekelas kami. Aku ingin agar nantinya, adik-adik kelasku juga dapat berinisiatif dalam hidupnya, tak hanya di sekitar Magelang, melainkan juga bisa sampai di berbagai penjuru dunia dalam rangka mencari ilmu tentunya. Memang berat jika dipikir, tapi apalah artinya impian tanpa keyakinan serta usaha. Sekian dan terimakasih.

Ditulis oleh : Reza Muflihendri W_1506735856_Geofisika

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar