KINDNESS IS FREE

Diposting oleh Selamat datang di blog on Jumat, 09 Oktober 2015

                   Dimasa sekarang, banyak orang sering merasa takut dalam melakukan sesuatu. Mereka sering takut ketika melakukan sesuatu karena mereka takut mengeluarkan “sesuatu” terutama dalam hal “materi” atau uang. Mereka selalu merasa takut jika hal yang mereka lakukan tidak memberi feedback yang sesuai dengan yang mereka harapkan. Terutama dalam hal berbuat kebaikan. Ya berbuat kebaikan adalah suatu hal yang momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Mereka takut ketika berbuat kebaikan, mereka harus mengeluarkan uang yang banyak atau apapun itu. Padahal pada dasarnya berbuat kebaikan tidak selalu identik dengan harus mengeluarkan uang yang banyak. Dan berbuat kebaikan tidak dibatasi oleh suku,ras,agama,umur,maupun kedudukan. Karena berbuat kebaikan dapat dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Berbuat kebaikan dapat dilakukan dengan tidak mengeluarkan uang yang sedikitpun atau dikenal dengan gratis. Dalam hal ini saya akan memberikan beberapa contoh mengenai berbuat kebaikan tanpa mengluarkan uang sedikitpun.
  1. Senyum adalah salah satu contoh dimana kita berbuat kebaikan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Senyum juga termasuk berbuat kebaikan yang mudah. Dengan kita senyum ke orang lain, itu sudah menunjukkan bahwa kita sudah melakukan salah satu bentuk kebaikan. Berbuat senyum tidak akan menguras isi dompet kita sampai habis. Berbuat senyum tidak sampai membuat kita merasa lelah ataupun capek. Berbuat senyum kepada orang lain adalah suatu anugerah yang terindah,karena sebagai bukti bahwa kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki selama ini. Berbuat senyum kepada orang lain dapat membuat suasana menjadi lebih nyaman. Apabila kita berbuat senyum kepada orang lain, orang tersebut akan merasa teranjung atau dapat dikatakan mereka merasa dihormati. Dan tanpa kita sadari kita akan mendapatkan feedback atau respon yang baik pula. Mereka akan senyum balik kepada kita dan juga akan menghormati kita.
  2. “Say Thanks” adalah salah satu bentuk kebaikan berikutnya yang tidak membutuhkan uang sama sekali. Ucapan terima kasih adalah hal yang termudah yang dapat kita lakukan. Hal ini tidak akan terasa sulit dilakukan apabila kita melakukannya dengan ikhlas. Ucapan terima kasih adalah salah satu bentuk kebaikan yang sangat dihargai oleh semua orang. Dengan kita mengucapkan terima kasih kepada orang lain menandakan bahwa kita memang menghargai orang tersebut. Ucapan terima kasih juga sebagai bentuk bersykur kita atas apa yang ada di hidup kita. Mungkin kita kadang terasa sulit untuk mengucapkan terima kasih dikarenakan ada rasa “ego” didalam hidup kita, tetapi dalam hal ini dengan kita mengucapkan terima kasih kita mendapatkan 3 keuntungan sekaligus yaitu: melatih diri kita untuk menghilangkan rasa “ego” kita terhadap orang lain, kemudian kita sudah berhasil melakukan salah satu kebaikan, dan yang terkahir adalah kita dipandang baik oleh semua orang dan kita dihargai oleh semua orang karena kita sudah berani mengucapkan kata terima kasih.
  3. Ucapkan kata-kata membangun seperti kata “semangat”,”kamu pasti bisa”,ataupun kata-kata salam seperti “selamat pagi,siang,sore dan malam”. Dengan kita mengucapkan kata-kata membangun seperti itu menandakan bahwa kita peduli akan ada yang disekitar kita. Melakukan hal tersebut sangatlah mudah dan “gratis” tanpa melakukan hal-hal yang berat dan susah. Meskipun kadang-kadang melakukan hal seperti ini kita sering dianggap aneh tetapi jangan kita menanggapi hal tersebut dengan serius karena hal tersebut hanyalah penghambat kita. Karena selagi kita tidak merugikan orang lain dan justru membuat orang lain merasa senang dan merasa dihormati, kita tetap dianggap benar.

           
Tiga hal tersebut adalah sebagian contoh bentuk kebaikan yang kita dapat lakukan dengan mudah dan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Lakukanlah hal tersebut karena hal tersebut sangatlah membawa dampak baik bagi hidup kita dan bagi orang lain. Cukup melakukan hal-hal kebaikan yang mudah dan “gratis” kita sudah dapat membuat dunia ini menjadi dunia yang sebagaimana mestinya yaitu dunia yang saling menghargai orang lain dan menyanyangi antara satu sama lain. Lakukan hal yang baik demi kebaikan!!!

Christian Jeremia
Geologi
1506729941

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar