Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Diposting oleh Selamat datang di blog on Jumat, 09 Oktober 2015

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
                Tidur, manusia sebagai makhluk hidup yang beraktivitas baik siang dan malam pasti membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa kembali beraktivitas lagi ketika bangun. Namun di artikel kali ini saya ingin membahas tentang tidur namun tidur di siang hari, mari kita telusuri.
1.             Meningkatkan Daya Ingat Otak. Tidur siang yang baik adalah tidur siang yang mampu membuat otak berfungsi lebih baik kembali. Namun, tidur siang tidak boleh banyak banyak, tidur siang yang baik adalah dari 15 sampai 45 menit kira kira. Jika tidur lebih dari itu justru malah berdampak kurang baik pada kesehatan.
2.             Meningkatkan Produktivitas Kerja. Tidur siang juga mampu meningkatkan produktivitas kita, coba saja perhatikan ketika kita sangat lelah lalu kita tidur siang yang cukup. Pasti ketika kita bangun rasanya menjadi lebih enak
3.             Mencegah Insomnia. Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.
4.             Menurunkan Stres. Tidur siang juga membantu menurunkan stress yang sedang kita alami. Penelitian juga mengatakan bahwa jika kita semalam tidurnya kurang nyenyak, lalu kita tidur siang maka kita akan merasa lebih baik
5.             Menyehatkan Jantung. Tidur siang ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun. 

 Fariz Rahmansyah
1506737735

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar