Cara Berpikir Kreatif

Diposting oleh Selamat datang di blog on Senin, 12 Oktober 2015


Ketika kita kecil dunia adalah tempat bermain yang sangat luas. Segala sesuatu yang kita inginkan, dengan mudah terealisasi karena kita punya senjata yang sangat ampuh. Imajinasi. Setelah beranjak dewasa, semakin banyak peraturan yang mengekang kita. Dan, rasa takut malah mengalahkan ide – ide yang berdesakan keluar. Tapi, kita sesungguhnya masih punya satu lagi senjata pamungkas. Kreativitas.
Kreatif itu berbeda. Kreatif itu membalikkan cara pandang. Kreatif itu butuh niat kuat.

Upaya Meningkatkan Kreatifitas
BERPIKIR “OUT OF THE BOX”
            Otak manusia memiliki satu keunggulan (dan sekaligus kelemahan), yaitu terprogramuntuk membuat pola aktivitas berdasarkan rutinitas kita. Jadi, setiap pagi Anda tidak perlu pusing – pusing lagi berpikir apakah pagi ini harus mandi, bagaimana harus memakai jam tangan, apakah sisiranku kali ini harus ke kanan atau ke kiri. Jika aktivitas semacam ini harus dipikirkan setiap hari maka habislah waktu kita.
Berpikir kreatif adalah sebaliknya. Melatih otak untuk mencari alternatif terhadap kebiasaan – kebiasaan tersebut. Kita mengajak otak untuk “mengujungi rute – rute yang tidak lazim”. Kreatif mempunyai tujuan yang jelas “IMPROVEMENT”.
“Out of the box” adalah mengesampingkan jawaban – jawaban yang lumrah, demi hasil yang tak terbayangkan besarnya.
Menginventarisasi Problem – Problem
Anda benar – benar harus cari masalah sebanyak dan sesering mungkin. Dengan demikian, Anda dapat menjadi kreatif. Mengapa? Karena pada dasarnya kreativitas adalah Problem Solving.
            Hampir semua Inovasi Kreatif terpikir oleh si penemu karena si penemu bergelut dengan problem sehari – hari. Orang – orang pada umumnya mungkin tidak begitu ambil pusing, tapi orang – orang kreatif ini justru cari gara – gara. Mereka mempermasalahkan hal – hal yang dianggap biasa. Mungkin pula ini saatnya Anda untuk mendaftar masalah yang Anda miliki lalu pecahkan dengan kreatif.
Jangan Ragu Menerima Hal Baru
            Pernahkah Anda membayangkan perasaan orang pertama yang mempopulerkan gaya menari breakdance ditengah – tengah penduduk yang sama sekali belum kenal? Ya, pasti dia dianggap sebagai orang aneh! Aneh, ganjil, freak, mungkin  itu adalah julukan sekaligus sanjungan.
            Anda jangan pernah ragu menerima hal baru. Inilah yang dasar dari creative behavior. Inovasi – inovasi mungkin tampak keren jika sudah jadi. Tapi, ketika masih ide, mungkin saja ditolak – tolak.
Pikirkan Hal Bodoh
            Kalau perlu, Anda pun tidak dilarang untuk berpikir tentang hal yang paling bodoh sekalipun. Inovasi yang terdengar bodoh di zaman ini, terdengar infantil, barangkali memang bisa jadi kenyataan. Tidak apa – apa menjadi sebodoh Nobita dalam serial komik Doraemon. Namun pada dasarnya komik tersebut merupakan list impian dan imajinasi yang sungguh kaya dan ternilai harganya.Pada seri – seri awal Doraemon terkesan berkhayal ketika membayangkan wahana yang mengantar mereka berwisata ke Mars. Sekarang ? Sebentar lagi Anda bisa melakukannya.
Collect Everything
            Ide dapat datang dari mana saja. Untuk mengejar kemungkinan datangnya ide, Anda bisa mengoleksi sesuatu. Anda bisa mulai dengan mengoleksi hal – hal yang standar, hingga yang unik. Tahukah Anda dengan mengoleksi sesuatu, Anda membuka kemungkinan bertemu dengan hal – hal yang lebih besar. Mengoleksi barang seperti ini, akan semakin mendukung dan menyenangkan terutama ketika kita menjadi emakin antusias.
Explore The Internet
            Zaman sekarang sangat tabu untuk bertanya. Pasalnya, sejak ada internet, informasi apapun bisa Anda temukan. Asal Anda punya kemauan. Begitu banyak materi yang bisa didapatkan hanya dengan menjelajahi internet. Apapun bisa Anda googling dan Anda segera bisa mengetahui jawaban atau informasi yang Anda cari. Bahkan ketika Anda ingin mengusai sesuatu keahlian, begitu banyak tutorial. Anda tidak perlu repot – repot kursus.
            Oleh karena itu, dizaman ini, kreativitas seharusnya semakin mudah untuk dikuasai. Untuk mencari inspirasi saja.
- Cattleya Randi –
1506728844
Geofisika


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar