Writer's Block

Diposting oleh Selamat datang di blog on Jumat, 09 Oktober 2015

Pernah gak lo ngerasa disaat lo mau nulis sesuatu, apa yang lo mau tulis gak keluar sama sekali dari otak lo?

Jujur, ini yang lagi gue alamin sekarang. Udah hari terakhir batas pengumpulan artikel PSAD dan gue masih ga tau mau nulis apa. Jadi, daripada gue menghadapi si pemberi tugas dengan tangan hampa dan pulang dengan tangan hampa, mata bengkak, pipi lebam, dan kedua kaki patah, gue pun memutuskan untuk memposting curhatan ini.

Jadi, fenomena yang kayak gini namanya "writer's block". Disebut demikian karena lo bakal ngerasain seakan-akan ada balok gede yang nyumbat otak lo sehingga lo gak bisa mikir apa yang mesti lo tulis, proses kreativitas pun jadi terhambat, dan akhirnya lo pun berhenti nulis. Writer's block ini durasinya macem-macem, mulai dari hitungan hari sampe bertahun-tahun, bahkan sampe si penderita ga pernah lanjut nulis lagi seumur hidupnya. Nah, gue gak tau writer's block yang gue alamin itu sampe kapan. Semoga bukan yang kategori terakhir ya.

Menurut literatur yang gue sempetin baca di tengah kesibukan gue, yaitu artikel web (aku mah apa atuh, bisanya nyari literatur di web)  berjudul "The Writer's Brain" yang ditulis oleh Rosanne Bane dari University of St.Thomas, USA (yang gue ga tau siapa orangnya, jangan-jangan dia juga maba yang disuruh bikin artikel juga, cuma beda kampus)  writer's block itu disebabkan oleh perubahan aktivitas dalam otak, yang tadinya dikendaliin oleh cerebral cortex, bagian yang dipake untuk berpikir kritis bin kreatif, menjadi cuma ke limbic system, bagian yang dipake secara sinting insting. Bukannya gak guna, limbic system itu justru berguna banget, buat ngendaliin emosi, rasa laper, dan hal-hal lain yang bersifat tanpa sadar. Misalnya, kalo lo laper, pasti rasa laper itu muncul gitu aja, kan? Siapa yang kalo mau laper mikir-mikir dulu? (Gue laper ga ya? laper ga ya? Koil milli gaya...  Koil milli gaya... (sambil nyanyi dan meluk tiang ala India)

Nah, sekarang, coba bayangin kalo limbic system ini dipake untuk proses menulis, pasti ga bisa kan? Menulis itu kan musti sistematis, kalo yang main itu insting, pasti kacau dong? Makanya, akibatnya kita jadi ga bisa nulis. (Maksudnya ga bisa nulis itu, kata-kata yang mau ditulis gak keluar, bukannya tangan lo lumpuh tiba-tiba, ok?)

Terus, ada dua penyebab yang bikin kita kena writer's block.
  1. Gak ada / kehabisan ide -  Yup, ini salah satu alasan kenapa kita kena writer's block. Kita ga punya ide, otomatis kita ga tau mau nulis apaan. Jelas lah ya.
  2. Stress - Tugas kuliah banyak, dosennya galak, nembak gebetan terus ditolak, ditolak gebetan sebelum nembak, akhirnya... ya gitu deh.
Lantas, apa ga ada solusi buat ngatasin writer's block? Ada dong. Nih solusinya:
  1.  Kalo  penyebabnya itu yang nomor 1, berarti kita musti cari pengalaman, banyakin baca, cari buku, pesta, dan cinta...
  2. Nah, kalo penyebabnya nomor 2, berarti lu musti rileks dulu. Hilangin dulu beban berat yang ada di kepala lo. Kalo udah rileks dan merasa cukup asik buat nulis, baru lanjut.
Nah, simpel kan? Jadi kalo kalian ngalamin writer's block, kalian udah tau cara ngatasinnya. Sekarang, doain gue ya biar writer's block gue bisa cepet keangkat dan gue bisa ngelarin artikel...

Tunggu dulu...

Ini kan artikel???

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar